Panjaitan XVI

Album Keluarga

Album Keluarga
Media untuk menyampaikan Aspirasi, Cerita, Tulisan, Pendapat, Diskusi,Renungan, Gambar dan Peristiwa

Kamis, 10 Mei 2012

Kesehatan

Makanan Pencuri Tidur Anda
Albertina S.C. | Kamis, 10 Mei 2012 - 11:20:22 WIB
Dibaca : 41


(webmd.com/)
Mengenali kebiasaan dan makanan penghambat tidur, akan membantu Anda terlelap di malam hari.
JAKARTA – Ada  beberapa makanan yang dapat merampok tidur tenang Anda di malam hari. Anda perlu mengenali dan menghentikan mereka sebelum makanan-makanan itu menghambat lelap Anda. Berikut makanan penghambat tidur Anda yang dikutip dari situs WebMD, baru-baru ini.

Kudapan Sebelum Tidur
Jika Anda berjuang dengan insomnia, sedikit makanan di perut akan dapat membantu lelap Anda. Tapi, ini bukan undangan untuk menjejalkan makanan di perut Anda. Pastikan Anda mencomot camilan dalam porsi kecil. Makanan berat akan membebani sistem pencernaan, membuat Anda tidak nyaman dan menikmati zzzzzzzz yang tenang.

Kentang Goreng dan Burger
Penelitian menunjukkan konsumsi makanan tinggi lemak tidak cuma menaikkan bobot tubuh, tapi  juga mengganggu siklus tidur seseorang. Makanan sarat lemak, seperti kentang goreng dan burger mengaktifkan pencernaan. Ini dapat mengalihkan perjalanan tidur Anda ke kamar mandi.

Kafein
Bukan sesuatu yang baru bahwa secangkir kopi malam dapat mengganggu tidur Anda. Bahkan kafein sedang atau rendah dapat menyebabkan gangguan tidur. Jangan lupa juga, kafein juga ada dalam cokelat, cola, teh, dan kopi tanpa kafein. Agar bisa lebih nyenyak, Anda dapat membabat kafein dari diet Anda empat sampai enam jam sebelum tidur.

Obat-obatan

Beberapa obat mengandung kafein juga, sebut saja, obat penghilang rasa sakit, pil penurun berat badan, diuretik, dan obat flu. Seperti juga kafein dalam secangkir kopi, obat-obatan tersebut dapat mencuri tidur Anda. Perhatikan informasi di kemasannya, apakah obat yang Anda telan dapat mengganggu tidur atau menyebabkan insomnia.

Alkohol
Alkohol memang dapat membantu Anda tidur lebih cepat. Tetapi, Anda akan lebih sering terbangun, sakit kepala, keringatan, dan mimpi buruk. Jika Anda mengkonsumsi alkohol di malam hari, minumlah segelas air untuk mengencerkan efek alkohol. Untuk tidur malam yang baik, lebih baik Anda menghindari alkohol empat sampai enam jam sebelum berbaring.

Makanan Pedas
Merebahkan badan dengan perut penuh dengan makanan berat yang pedas dapat membuat Anda tidak nyaman. Selain karena sistem pencernaan melambat saat Anda tidur, perut Anda mungkin mulas akibat makanan pedas. Pastikan Anda telah menghabiskan makan berat minimal empat jam sebelum tidur.

Protein
Protein merupakan bagian penting dari tarif siang hari kita. Tapi, pilihan buruk untuk makanan ringan sebelum tidur. Makanan kaya protein sulit dicerna. Jadi, Anda perlu melewatkan makanan ringan tinggi protein sebelum tidur dan memilih segelas susu hangat.

Cairan
Ya, Anda harus terhidrasi sepanjang hari. Tetapi batasilah asupan cairan sebelum tidur. Berhentilah minum setelah pukul 20.00 atau pukul 8 malam. Anda tidak akan mimpi indah jika beberapa kali terpotong karena ingin ke kamar mandi, kan?

Merokok
Jangan terbuai iming-iming asap dapat merilekskan Anda agar cepat tidur. Nikotin adalah stimulan dengan efek yang mirip kafein. Hindari merokok sebelum tidur atau Anda akan terbangun di tengah malam.
(WebMD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar yang positif dan membangun