Panjaitan XVI

Album Keluarga

Album Keluarga
Media untuk menyampaikan Aspirasi, Cerita, Tulisan, Pendapat, Diskusi,Renungan, Gambar dan Peristiwa

Kamis, 10 Mei 2012

1 Timotius 5 : 5 - 8


          SEORANG JANDA BERHARAPLAH HANYA KEPADA ALLAH  


          Sedangkan seorang janda yang benar – benar janda, yang ditinggalkan seorang diri, menaruh harapannya kepada Allah dan bertekun dalam permohonan dan doa siang malam (ayat 5). Kutipan ayat dalam nas hari ini memang sengaja dituliskan supaya kita dapat membacanya langsung redaksi kalimatnya. Ternyata Tuhan memberkati seorang janda walau apapun latar belakangnya. Bisa saja seorang janda adalah sebagai ibu rumah tangga yang tidak bekerja tetapi tumpuan hidupnya hanya kepada suami, tetapi setelah suaminya dipanggil Tuhan, apa yang terjadi selanjutnya bagi keluarga tersebut. Ternyata kasih Tuhan luar biasa ; mereka tetap dipelihara oleh Tuhan dan bisa terpenuhi kebutuhannya. Tidak bisa kita membuat rumusan matematikanya, darimana jalannya, mengapa bisa demikian dan banyak perrtanyaan lainnya yang timbul. Karena memang karunia dan berkat Tuhan tidak dapat diukur oleh apapun di dunia ini.

          Kata kunci pertolongan Tuhan terhadap seorang janda dalam nas ini adalah : 1). Dia harus menaruh harapan kepada Allah. 2). Dia harus tekun dalam permohonannya. 3). Dia berdoa siang dan malam. Tetapi Tuhan juga mengingatkan dengan tegas kepada seorang janda untuk tidak hidup mewah dan berlebih – lebihan karena jika itu dilakukannya maka ia sama dengan mati walaupun ia masih hidup (ayat 6). Peringatan ini harus di indahkan, termasuk janda tersebut  hidup harus tidak bercela (ayat 7). Memang tantangan luar biasa bagi para janda tidak mudah untuk menjalankannya, tetapi pasti bisa karena Tuhan tahu manusia mampu melakukan perintahNya.

          Marilah kita menghormati janda yang benar – benar janda (ayat 3). Jika kita mempunyai anggota keluarga yang janda, hendaklah kita memmbantunya sehingga dia jangan menjadi beban jemaat. Dengan demikian jemaat dapat membantu mereka yang benar – benar janda (ayat 16). Kasih Tuhan selalu melindungi. Amin (KAP)

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan Komentar yang positif dan membangun